Skip to main content

Cerpen komedi : Bioskop dan jawaban

         Nonton film adalah salah satu hobi gue, dan itupun adalah salah satu taktik taktis gue buat PDKT. Gue suka semua genre film kecuali film horror, ini karena sebuah pengalaman yang kurang sedap buat diingat. Gue saat itu nonton dengan Denna, saat itu nonton film ‘Arwah goyang oplosan sambil ngepang bulu ketek’ . Gue menjerit pas adegan setannya tiba tiba keluar dari closet dan suara debum efek horror, dan seketika gue langsung menjambak orang sebelah gue. Gue digampar. Gue gak sengaja ngejambak tetek-nya. Denna yang gue jambak.
            Gue paling suka sama film “ Tenggelamnya kapal van der wijck extended “ dan itu membekas banget. Gue nangis tersedu sedan sepanjang film, ingus lumer dari idung. Kebetulan gue nonton film itu pas abis patah hati. Pas akhir fil ada Ibu-ibu berkacamata tiba tiba ngasih tisu sama gue dan bilang
            “ Jangan sedih dek, ini cuman film tapi memang akan berasa emosional banget kalo kenyataan sama film sama, sabar yah dek, hidup kamu masih panjang “ Dia berkata seakan akan gue mau bunuh diri setelah nonton film ini. Lobang idung si Ibu merekah lalu pergi.
            Gue nonton sama Tria. Si cewe yang gue anggap keren, item manis, kontet, jago melukis tapi selalu jadi misteri kalo dia ngelukis muka gue, alis gue kaya ulet bulu dan lobang idung gue gede sebelah dan terasa sangat jelek, lebih mirip papa-nya sinchan dimana mukanya agak bengkok. Tria gue jemput didepan rumahnya. Bapaknya yang Siregar itu lagi nongkrong sambil minum kopi hitam.
            Gue menghampiri sopan.
            “ Malem om hehehe “ gue mesem merak.
            “ Eh ? “ beliau mendongkrakan wajahnya ( sama Camer harus sopan !, panggil dia beliau )
            “ Saya mau jemput Ia pak “
            “ Dia masih didalam hemhem “ beliau batuk dengan garang
            Gue ngangguk.
            “ Kamu temenin saya main catur sambil nunggu anak saya ! “
            “ Iyaa om “
            Bidak catur dipasang, dia pake bidak putih dan gue hitam.
            “ Yang putih duluan jalan, dimana mana orang tua duluan “ Beliau berkata seakan akan gue orang bego yang baru maen catur dan mengatakan dia orang tua yang harus didahulukan. Dimana mana emang yang tua yang lebih dulu untuk pulang. Beliau langsung memajukan pionnya dan meluncurkan sang Mentri. Na’asnya setelah tiga kali jalan, raja gue langsung tewas.
“ Kamu udah segitu juga udah kalah, cemen kamu “
“ hehehe “ gue senyum kuda sambil merutuki sendiri.
“ gimana kamu mau melindungi anak saya ? “
“ Saya rela deh pak bonyok demi anak bapak pulang mulus tanpa cacat sedikit pun “ Ucap gue mantap dan sebenarnya itu keceplosan.
Alis Beliau naik sebelah dan mengernyit lalu menghembuskan nafas penuh dan menatap gue mantap.
“ Siapa nama kamu ? “
“ Tommy om “
“ lengkapnya ? “
“ Moehammed Tommy Renaldie om “
“ Kamu lahir kapan ? “
“ Rabu wage om “
Hening sejenak.
“ Oh ya, kamu Moehammed Tommy Renaldie yang lahir di Rabu wage…. Kamu pria yang so sweet walau kamu cadel, saya bangga sama kamu “ Beliau berkata sambil menepuk lengan gue, dan tepukannya cenderung menghajar gue.
“ Iya om makasih “
Tiba tiba beliau manggil Tria.
“ Dea Tria Amir Darmahani Siregar !! sini nak pacar kamu nunggu !! “
“ Ehh omm kami, kami belom pacaran “
“ Apa ?! “
“ Belom om “ gue kibasin tangan.
“ Abis ini kamu nyatain perasaan kamu sama anak saya, TEMBAK !. Kayaknya Tria suka juga soalnya dia cerita terus tentang kamu  “ Beliau setengah mengancam. Beliau selain gahar, beliau juga adalah pembocor curhatan yang baik.
Gue mengangguk mantap.
Tria keluar dengan menggunakan Sweeter putih yang kontars dengan kulitnya yang ehhmm, rambutnya ikal terjurai indah, matanya semakin dalam, hidungnya terlihat semakin bangir. Gue melonggo dengan debar jantung yang terus meningkat.
            Tiba tiba ibunya keluar juga.
            “ Dea Tum kidhe jareheho, ? “
            “ Cinema ami “
            “ Oh aca merabeta, Tum maranam kiya ? tum khop surathe “ Ibunya nyengir
            “ Kiya Tommy ami, haha ami tike “ Tria mencubit lengan ibunya. Gue melonggo.
            Ibunya melirik sama gue.
            “ Hati hati yah nak “ Senyumnya terkembang, sangat manis bedanya ibunya lebih putih.
            Gue salim sama Beliau dan Ibunya Tria. Gue cabut pake motor matik pink gue.
            “ Ia ? “
            “ Apa tom ? “
            “ Kamu tadi ngomong apa sih ? bahasanya kaya bahasa mahabrata ? “
            “ Ohahaha itu bahasa Hindustan “
            “ Tapi bahasanya kaya temen aku yang dari Pakistan – Si Assad “
            “ Pakistan dan India itu satu rumpun, dulunya juga kan satu Negara “
            “ Ohhhh, emang Ibu kamu ? “
            “ Dia keturunan Pakistan, dari quetta Balochistan “
            “ Pantes kamu kaya Kajol devgaan “
            Cubitan memelintir gelambir gue. Perih.
            “ Tadi ngomong apa sama ayah aku, kayaknya seru banget “
            “ ngomongin catur “
            “ kok ada kata kata tembak gitu ?? “
            “ enggak dia bilang raja aku mati ditembak mentrinya “
            “ Ohh “ kini dia yang ber – Oh panjang.
Akhirnya gue sampai disebuah bioskop di Mall kelas menengah. Temen gue sering bilang nama Mall bau ketek, karena manusia dari segala jenis Hierarki ada disini. Jadi berupa rupa pula bau yang mereka bawa. Gue nonton film yang judulnya Hawaizadaa. Film India yang mengkisahkan bahwa penemu pesawat bukanlah Wibur bersaudara dari Amerika tetapi seorang ilmuan dari India – saat itu India masih jajahan Britania raya. Setelah melihat lihat jadwal film yang diputar , gue mengantri beli tiket
“ Ini film bagus, Film India “
“ Ohh iya kayaknya bagus “
“ kamu jadi gak usah ribet baca subtitle Ia “
Dia nyubit dengan ganas. Kali ini puting gue. Gue sempet nyangka dia Sadomaksodis.
Gue ke Toilet dulu yah.
“ Iyaa Tomtom “ Senyumnya manis berlesung, gue selalu meleleh setiap liat lesung pipinya, alisnya sempurna, matanya berbinar walau kulitnya coklat tua. Coklat secara penelitian selalu bikin hati tenang, ini yang gue rasain pas liat senyumnya dan kulit coklat tuanya.
Gue Toilet dan masuk kesalah satu biliknya, gue pipis dengan nikmat dan gue cek putting gue. Gue takut puting gue copot atau bocor, bisa berabe kalau lemak gue bocor dari sana.
Suara informasi theather 2 yang nayangin film India itu udah dibuka.
Gue nyamperin Tria yang lagi asik liatin gunung salak dari sky garden.
“ Eh udah dibuka lho “
“ apannya ? “
“ therathernya “
“ yaudah ayuk “
Dia menyeret gue dengan tangan gue dijerat jemari tangannya. Jantung gue berdesir hebat. Nyaman dan deg degan rasanya.
Gue selalu ngambil seat F 21 – 22 kalo nonton, dipojok.
“ Pertama kali gue nonton film india gue nangis, pas waktu kelas 4 SD “
“ Hahaha masa ? “ Gue ngeliat Tria, gue celingak celinguk dikeadaan gelap Tria udah bener bener gak bias diliat.
“ Iya yang maennya Shahru khan, pas dia dikasih selendang di statsiun kereta. Gue nangis kejer, pas nengok kesebelah, emak gue jerit jerit nangis juga, semua tetangga pada dating karena kaget, karena bukan karena apa apa mereka malah ikut nonton juga. Alhasil satu RT Nangis dan doyan nonton film India “
“ Its Impresif Tom ! “ Suaranya menggema, sosoknya udah raib.
Film itu diputer mulai diputer. Adegan sedih dimulai pas si Ilmuan muda ditentang idenya disidang para cendikiawan karena dianggap sinting, yang kedua pas dia harus dipenjara karena membuat penemuan yang menyudutkan dan memalukan orang Eropa khusunya Inggris yang selalu dianggap pintar, Ketika pesawat temuannya di bakar, Yang terakhir pas dia hampir mati dengan pesawat dadakannya yang dipake buat nyelamatin kekasihnya.
Gue nangis di pundak Tria, Tria ngusap rambut gue sambil bilang.
“ Ini film kok Tom “
Dia ngusap aer mata gue dengan jempolnya. Gue bingung antara mana yang jantan dan yang betina.
Gue akhirnya balik dari bioskop sekitar jam setengah Sembilan malam, gue nyari makan disekitar daerah Surya kencana sambil liat barongsai. Pas hari itu Imlek. Gue nyari tukang nasi goring tektek pinggir jalan. Gue mesen kwetiau sedangkan dia nasi goreng.
“ Kamu lucu dan cemen, gitu aja nangis hahaha “
Kwetiau yang gue makan setengah terurai dari mulut. Gue cengo.
“ Hahaha udah, udah makan aja sana “ Dia senyum, gue ikut senyum. Satu hal gue selalu senyum kalo dia senyum.
Akhirnya gue pulang dan gue inget kata kata Beliau buat nembak anaknya.
Mesin motor gue matiin.
“ Hmm Ia..?? “
Dia noleh dan tersenyum.
“ Gue, gugugu,, hmmm Guee “
“ Gue apa ? gue setan “
“ Makasih udah ngingetin betapa buruknya rupa gue “
Alisnya terangkat, senyumnya mengembang lagi.
“ Jadi, hhmm jadi Gue ituuu..”
“ Jangan jangan kamu salah satu personel GeGesEs ?”
“ Gue suka sama loe, dan gue sayang banget “
“ Hahaha serius, becanda kan ? “
Gue paling males kalo udah serius setengah mati dianggap becanda.
“ Se sule itukah wajah gue “
“ Hmmm, Iya aku juga sayang“
Gerbang pertama kebuka, tinggal gerbang kedua. Sesuai perintah Beliau.
“ Mau jadi pacar gue gak ? “
“ Hmmm “
Setelah ber Hmm lama selama lima menit dan gigi terasa berlumut. Dia menjawab tembakan gue.
Lampu jalan berkedip kedip.



Comments

Popular posts from this blog

Sobirin yang jatuh cinta

Dipersembahkan untuk seseorang yang nun jauh disana, dibalik gunung, yang suka tahu bulat dan Kawanku yang bernama M.H. Sobirin Diatas balkon lantai dua. Pukul dua belas malam. Angin dingin yang rasanya merobek kulit, melumatkan daging, dan menggigit tulang. Angin itu merasuk kedalam tubuh yang ringkih – tubuh yang kurang gizi karena kebanyakan makan beras murah, satu tingkat diatas beras berkutu, satu tingkat diatas beras raskin Bulog. Manusia malang itu masih saja memeluk lutut. Lagu Lonely dari Christina perri terdendang dari handphone made in china itu, terkadang terdengar suara distraksi yang kemrosok jika sampai pada nada yang tinggi. Kemejanya berkibar terkena angin malam.             Matanya yang polos itu, yang terlihat botak seperti tak punya alis mata menatap kosong kearah lalu lalang kendaraan di jalan A.H. Nasution. Kelebat lampu kendaraan, suara klakson, dan teriakan sopir, debu-debu semuanya seperti bergerak dalam hening dan lambat. Hati pengamat itu sedan

Cerpen : Gebetan Syariah

Malam ini gue jalan sama gebetan. Gue mau jalan sama Dita, kita beda sekolahan jadi sering kangen kangen gitu karena kita jarang ketemu. Gue udah mandi dan duduk didepan cermin dengan tatapan memuja, sambil bilang “ Kamu ganteng, kamu ganteng “ Dan manyunin bibir biar keliatan imut. Nyokap buka pintu dan liat gue merancau sendiri ngomong “kamu ganteng “, bibir monyong didepan cermin, dimana keadaan gue cuman pake handuk doang karena abis mandi. Gue membeku, nyokap menatap gue dengan tatapan nanar lalu menaruh deodorant roll di meja gue lalu pergi tanpa suara.             Gue ambil deodorant itu dan gue olesin diketiak gue, kaos warna item gue pilih buat menyamarkan gelambir yang udah berundak undak, gue pake celana jeans belel. Pas nyisir rambut entah kenapa ketek gue terasa terbakar. Pedes. Gue meringis lalu berteriak kalap keluar kamar. Gue buka baju didepan bokap yang lagi nonton tivi dan gue pajang ketek gue didepan kipas angin yang menyala. Masih pedes, gue berlari kearah dap