Skip to main content

Cerpen komedi : Jogging kalap

         Sekarang hari minggu, hari dimana senyuman seringai para guru ketika dengan kejam memberi tugas hilang. Gue mau jogging dihari merdeka ini.
          Gue mau jogging sama gebetan gue yang namanya Tria – sialannya namanya itu pake huruf ‘r’ dan gue salah satu orang dari sekian juta manusia cadel. Setiap gue nyebut namanya selalu terdengar T’L’ia, parahnya dia selalu gak peka kalau gue manggil namanya. Sialnya jadi orang cadel.
Gue menyisir rambut dengan sisir yang giginya rapet, biar keliatan gaul gue pake pomade, mungkin agak aneh juga jogging dengan rambut licin mengkilap. Kemaren Tria ngajakin gue jogging, dan langsung gue amini ajakannya, gue pikir ini bakal jadi PDKT yang berkesan, dimana kita jogging dengan slow motion saling tertawa, dan peluh keringat berjatuhan dramatis, akhirnya kita pulang dengan pegangan tangan. Gue senyum senyum sendiri didepan cermin. Tiba tiba Nyokap buka pintu, lalu wajah nyokap gue datar dan menutup pintu kembali. Jijik mungkin liat pemuda satu satunya senyum senyum sendiri sambil bilang dalem hati ‘ kamu tamvan, kece huh huh “
Gue pamit sama Nyokap.
“ Mah aku mau jogging “
“ Tommy ! kamu gak sarapan dulu ? nanti kamu pingsan !! “
Gue melirik dengan ekor mata. Seketika muka gue terlipat.
“ Gak ah mah “
“ Mamah suapin nih “ Nyokap gue bersiap mendaratkan suapan suapan mautnya kemulut gue.
“ Keretaa mau datang tommy “ ucap Nyokap sambil memaksa membuka tekak gue.
Kalau dipikir pikir nyokap gue dengan teganya menjejalkan kereta kemulut gue, yang ada tamatlah riwayat gue. Gue merinding mendengar ucapan nyokap gue.
Akhirnya setelah naek ojeg, gue sampe dirumah Tria. BM langsung meluncur, dan sialnya cumin ceklis. Terpaksa gue mengeluarkan senjata terakhir gue. Manggil manggil nama orang kaya tarzan.
Tiba tiba keluar Bapak - bapak dengan kumis tebal melintang dari balik pintu.
“ Siapa kamu ! “ todongnya. Mungkin bapak bapak ini mengira gue culik yang suka pake mobil jeep.
“ temannya Tria om “ aku nyengir dengan keramahan yang maha lebay.
“ Saya gak punya anak yang namanya T’L’ia “
Gue mengumpat dalem hati. Sialan ! Tiba tiba Tria keluar dari balik punggung Bapak bapak itu. Tria cewek yang gaul, walau agak kontet, tapi senyumannya maut, kulitnya coklat cenderung gosong. Tapi menurut gue dia cantik banget !
“ Paa aku mau jogging dulu, daah “
Ternyata bapak bapak berkumis itu Bokapnya tria. Bokapnya menyalak.
“ Hati hati Teriaa, diluar sana banyak culik ! “ Masih sempetnya bokap Tria masih menganggap gue culik.
Derap langkah bertempo cepat dimulai.
“ Iaa “ ucapku memanggil namanya, gue kapok manggilnya dengan panggilan Tri.
“ Apa “ matanya yang tajam dan menjorok kedalam berbinar. Lembut.
“ Tadi bapak kamu ? “
“ Loe pikir ? hahahaha “
Canggung menggit.
“ Hmm enggak, tadi dia manggil kamu kaya nama ikan asin “ Nafas gue hah heh hoh.
“ Bokap emang keturunan Batak, marga Siregar “
“ margannya kaya merek minuman larutan yah “
“ Hahaha itu lasegar tomtom “ Dia nyengir renyah, giginya putih. Mungkin kontras karena warena kulitnya yang primer.
“ kamu kesini jogging ? kan lumayan cukup jauh “
“ iyalah, masa gue naek sukhoi kan gak lucu kalo nyungseb ke rumah pak RT “
“ Tau aja loe naek ojeg “
Hening lama
Giginya putih. Mungkin kontras karena warena kulitnya yang primer.
Setelah 30 menit jogging, dan udah sampe puncak. Perut gue mendadak mules, kaya orang mau beranak.
“ Duh Ia perut gue mules sumpah ! “
“ Kenapa loe kecepirit yah “ wajahnya panic. Muka gue mendadak kecut.
“ Gue mau beranak ! , enak aja gue kecepirit, gak tau deh perih gituh “
“ loe tadi sarapan gak ?? “
“ Enggak “
Tanggannya mencubit perutku yang leber kemana mana karena gelambir.
“ Pantesan, yaudah kita makan bubur aja yuk, disana ada bubur Cianjur “
Gue berfikir kenapa gak ada bubur papua yang bahan dasarnya dari sagu. Mungkin bakal lebih mirip congek daripada bubur.
Si abang tukang bubur bawa satu mangkok doang karena Tria udah kenyang sarapan dirumah. Gue jadi canggung diliat gebetan cewe ( gak mungkin cowo kan ?! ) makan bubur tanpa ditemenin.
“ Gak apa apa aku makan sendiri ? “
“ Gak apa apa kok, aku dah makan dirumah “ senyumnya mengambang diantara kecanggungan.
“ Aku jadi gak enak, yaudah gak usah “
Tiba tiba tamparan mendarat mulus diwajah gue.
“ Kamu harus makan, ntar sakit ! “
Akhirnya gue makan bubur dengan bumbu kuning yang lebih keliatan kaya suatu instrument eksresi. Gue baru nyadar bahwa obrolan kita sudah bergeser ke hierarki AKU – KAMU.
Gue hendak merogoh duit dikantong, belum tangan gue mencabut lembaran duit, Tria udah inisiatif bayarin gue.
“ Ehh gak usah, aku bisa bayar sendiri “ ucap gue sok gentlemen, dada membusung, perut gelambir jadi lebih susut. Keringet dingin keluar dari belahan pantat gue yang semok, tsunami bergejolak diketek gue. Sial duit gue abis dipake naek ojeg.
“ Eh kamu ada uang dulu gak, duit aku gak kebawa, ntar aku ganti “  gue masang wajah sebego begonia bercampur melas. Mata gue berkaca kaca, dan kacanya retak.
Dia tertawa lepas, lalu tangannya dengan ganas menjamah dan mencubit gelambir perut gue.
“ Kamu itu lucu walau cendrung bego dan absurd. Kadang bikin aku kangen “
Abang abang bubur melongo sambil naburin kacang ke mangkok pengunjung laen.
“ Eh ? “ wajah gue memerah.
Tria mengeluarkan duit dua puluhan. Wajahnya kembali tersenyum, ada semu merah diantara kulitnya yang coklat gaek ( gaboleh bilang gosong, soalnya momentnya lagi …. Tau kan ?) Gue terkencing kencing ingin terbang.
Akhirnya jogging itu ditutup dengan naek angkot. Disepanjang jalan diangkot kami duduk berhadap hadapan. Sepi dan sunyi gak ngobrol. Tapi itu adalah senyap yang paling indah bagi gue. Gue juga dibayarin ongkos angkotnya. Tria semakin manis kalo tersenyum.
Akhirnya sampai juga didepan rumah Tria.
“ Kamu gak apa apa ? mending masuk dulu deh, minum dulu mungkin ? “
“ Enggak deh, gak usah aku dah mendingan “ Sebenarnya gue takut liat Bokapnya.
Pucuk dicinta ulam pun tiba. Bokapnya muncul dari balik pintu.
“ Teria ! kamu masih selamat !! ternyata gak diculik “
Tiba tiba muncul seorang ibu dengan wajah teduh. Wajahnya tipikal india.
“ Tria, kamu ajak teman kamu masuk “ suaranya menggelombang dari pintu kegerbang rumah.
“ gak usah tante, makasih “ gue ngangguk sopan. – “ Om, tante, saya pulang dulu “
Bapaknya menggerem horror, Ibunya mengangguk lembut.
“ Tria aku pulang “
“ Iyaa hati hati dijalan Tomtom “
Gue berlari dengan sikap jogging lalu melambaikan tangan. Sekarang perut gue bener bener mules. Semoga aja gak kepecirit dijalan, karena gak lucu ada cowo bergelambir meleleh kolid kuning pekat dari balik trainingnya.

Comments

Popular posts from this blog

Sobirin yang jatuh cinta

Dipersembahkan untuk seseorang yang nun jauh disana, dibalik gunung, yang suka tahu bulat dan Kawanku yang bernama M.H. Sobirin Diatas balkon lantai dua. Pukul dua belas malam. Angin dingin yang rasanya merobek kulit, melumatkan daging, dan menggigit tulang. Angin itu merasuk kedalam tubuh yang ringkih – tubuh yang kurang gizi karena kebanyakan makan beras murah, satu tingkat diatas beras berkutu, satu tingkat diatas beras raskin Bulog. Manusia malang itu masih saja memeluk lutut. Lagu Lonely dari Christina perri terdendang dari handphone made in china itu, terkadang terdengar suara distraksi yang kemrosok jika sampai pada nada yang tinggi. Kemejanya berkibar terkena angin malam.             Matanya yang polos itu, yang terlihat botak seperti tak punya alis mata menatap kosong kearah lalu lalang kendaraan di jalan A.H. Nasution. Kelebat lampu kendaraan, suara klakson, dan teriakan sopir, debu-debu semuanya seperti bergerak dalam hening dan lambat. Hati pengamat itu sedan

Cerpen : Gebetan Syariah

Malam ini gue jalan sama gebetan. Gue mau jalan sama Dita, kita beda sekolahan jadi sering kangen kangen gitu karena kita jarang ketemu. Gue udah mandi dan duduk didepan cermin dengan tatapan memuja, sambil bilang “ Kamu ganteng, kamu ganteng “ Dan manyunin bibir biar keliatan imut. Nyokap buka pintu dan liat gue merancau sendiri ngomong “kamu ganteng “, bibir monyong didepan cermin, dimana keadaan gue cuman pake handuk doang karena abis mandi. Gue membeku, nyokap menatap gue dengan tatapan nanar lalu menaruh deodorant roll di meja gue lalu pergi tanpa suara.             Gue ambil deodorant itu dan gue olesin diketiak gue, kaos warna item gue pilih buat menyamarkan gelambir yang udah berundak undak, gue pake celana jeans belel. Pas nyisir rambut entah kenapa ketek gue terasa terbakar. Pedes. Gue meringis lalu berteriak kalap keluar kamar. Gue buka baju didepan bokap yang lagi nonton tivi dan gue pajang ketek gue didepan kipas angin yang menyala. Masih pedes, gue berlari kearah dap