Skip to main content

Rubik Travelqysmin : Tips Jalan-Jalan Irit Vol. 2 Chapter Bandung



Beban kerja dan beban sekolah atau kuliah emang bikin stress, jenuh, dan rasanya pengen meledak aja ini kepala,  rasa-rasanya butuh sesuatu yang bisa menjernihkan pikiran, dan jalan-jalan bisa jadi solusi jitu. 
Jalan-jalan ke Jepang lihat Gunung Fuji, ke Hawai liat pemandangan eksotisnya, ke Mannen Haramsoya di Norwegia yang sunyi, atau ke Korea  menziarahi tempat shooting drama korea favorit emang pasti menyenangkan, tapi gimana kalau pengen jalan-jalan tapi duit anyep? Tenang, ingat pepatah selalu banyak jalan menuju Roma. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk mencapai tujuan gengs!
Buat yang domisili Jabodetabek bisa  mengikuti cara ini sob, backpacker ke Bandung. Hah Bandung?! Yup Bandung, kenapa harus Bandung? Karena Bogor udah dibahas di postingan sebelumnya hehehe dan Bandung juga menyimpang banyak destinasi. 
Banyak opsi kendaraan yang bisa kamu ambil buat kesana, banyak bus yang menuju Bandung dari area Jabodetabek, kisaran harganya 50-95K, dari Terminal Barangsiang sendiri sih cuman 65k, naek MGI atau gak Gagak Rimang, tapi gue rekomendasiin naek MGI aja karena lebih nyaman busnya dengan konfigurasi seat 2-2.
Kalau mau naek  kereta yang anti macet-macetan club, boleh juga tuh. Elu bisa naik kereta Argo-Parahyangan dari stasiun Gambir, harganya sesuai kelas, yangg ekonomi juga udah enak harganya 85K, yang eksekutif 110 K, gue saranin booking via app juga biar ga ribet plus biasanya dapet potongan harga.
Gimana dong yang  masih gak punya duit buat naik koda transportasi tersebut? Tenang sob, gue kan udah bilang banyak jalan menuju Roma. Lu bisa naik kereta lokal dari Stasiun Tanjung Priok. Ambil jurusan Jakarta-Purwakarta, berangkat jam 10:10 WIB, jadi gue saranin elu udah stand by sebelum jam segitu, bila perlu nginep dah wkwkwkwk. 
Harga tiketnya murah gan, kalau gak salah itu 4K doang!, pict tiketnya ilang sih gegara hape gue yang lama rusak, tapi gue jamin gak bakal sampe  7K. Fasilitasnya gimana? PT. KAI sudah membenahi manajemen sob, gerbongnya bersih dan dikasih AC 6 biji pergerbong serta toilet yang bersih. 
Kursinya tegak 90 derajat gan, jadi  setelah turun dari kereta agan bisa berubah menjadi Pithecantropus Erectus alias Manusia Purba Berjalan Tegak hahaha. Ini kereta emang suka agak ngaret, karena sering memberikan prioritas jalur ke kereta Argo Prahyangan. Perjalanan Jakarta-Bandung ditempuh sekitar 4 jam ngaret dikit wkwkwk. Pemandangan sepanjang Jakarta-Purwakarta gak ada yang spesial.
Nanti setelah turun agan-agan bisa istirahat dulu sampil nunggu kereta Purwakarta-Cibatu Garut yang berangkat pukul setengah empat sore. Agan bisa jalan-jalan dulu ke Taman Sri Baduga Purwakarta yang masuknya gratis atau makan dulu. Nah kalau makan bisa di dalem area stasiun menikmati Roti O, tapi kalau agan termasuk sobat qysmin stadium 4 lebih baik agan makan jangan disitu dan jangan di area stasiun, lebih baik jalan sedikit ke luar area. 
Gue biasanya sih makan dulu di tempat mie ayam langganan dekat pintu masuk Taman Sri Baduga, harganya standar aja, kalau gak salah 9/10K, abis itu salat jamaq qashar di masjid PLN yang full AC, agan bisa istirahat disana, tapi jangan sampe ketiduran dan ketinggalan kereta.
Lanjut, kereta Purwakarta-Cibatuan ditarif seharga 6K aja gan, murah kan? Nah pemandangannya ajieb disini. Agan akan disuguhi terowongan yang panjang, pesawahan, tebing-tebing, jalan tol Cipularang, serta yang paling spektakuler adalah rel diatas jembatan Cisomang yang tinggi banget! Ditambah suasana sore yang dihiasi lembayung jingga dan merah saga yang membedaki cakrawala.
Agan bisa turun di stasiun Bandung atau Kiara Condong, nah agan bisa pilih diantara dua itu yang paling dekat dengan destinasi wisata agan atau tempat menginap. Tempat menginap yang murah banyak gan, mulai dari kelas melati busuk, melati, sampai berbintang kayak Trans Hotel di jalan Gatot Subroto Kiara Condong. Sesuaikan aja dengan kantong agan-agan aja. 
Informasi hotel bisa dicari di app atau website Reddorz.com atau Pegi-pegi.com. untuk mobilitas bisa  pake Grab atau angkot. 
Ada beberapa destinasi wisata yang gampang diakses di sekitaran Bandung nih, kaya Tebing Keraton, Farm House Lembang, Maribaya, Jln Asia Afrika dan Alun-alun Bandung.
Nah segitu aja tips buat sobat qysmin yak, qysmin boleh, kurang piknik jangan yak wkwkwkwkwk.

Comments

Popular posts from this blog

Sobirin yang jatuh cinta

Dipersembahkan untuk seseorang yang nun jauh disana, dibalik gunung, yang suka tahu bulat dan Kawanku yang bernama M.H. Sobirin Diatas balkon lantai dua. Pukul dua belas malam. Angin dingin yang rasanya merobek kulit, melumatkan daging, dan menggigit tulang. Angin itu merasuk kedalam tubuh yang ringkih – tubuh yang kurang gizi karena kebanyakan makan beras murah, satu tingkat diatas beras berkutu, satu tingkat diatas beras raskin Bulog. Manusia malang itu masih saja memeluk lutut. Lagu Lonely dari Christina perri terdendang dari handphone made in china itu, terkadang terdengar suara distraksi yang kemrosok jika sampai pada nada yang tinggi. Kemejanya berkibar terkena angin malam.             Matanya yang polos itu, yang terlihat botak seperti tak punya alis mata menatap kosong kearah lalu lalang kendaraan di jalan A.H. Nasution. Kelebat lampu kendaraan, suara klakson, dan teriakan sopir, debu-debu semuanya seperti bergerak dalam hening dan lambat. Hati pengamat itu sedan

Cerpen : Gebetan Syariah

Malam ini gue jalan sama gebetan. Gue mau jalan sama Dita, kita beda sekolahan jadi sering kangen kangen gitu karena kita jarang ketemu. Gue udah mandi dan duduk didepan cermin dengan tatapan memuja, sambil bilang “ Kamu ganteng, kamu ganteng “ Dan manyunin bibir biar keliatan imut. Nyokap buka pintu dan liat gue merancau sendiri ngomong “kamu ganteng “, bibir monyong didepan cermin, dimana keadaan gue cuman pake handuk doang karena abis mandi. Gue membeku, nyokap menatap gue dengan tatapan nanar lalu menaruh deodorant roll di meja gue lalu pergi tanpa suara.             Gue ambil deodorant itu dan gue olesin diketiak gue, kaos warna item gue pilih buat menyamarkan gelambir yang udah berundak undak, gue pake celana jeans belel. Pas nyisir rambut entah kenapa ketek gue terasa terbakar. Pedes. Gue meringis lalu berteriak kalap keluar kamar. Gue buka baju didepan bokap yang lagi nonton tivi dan gue pajang ketek gue didepan kipas angin yang menyala. Masih pedes, gue berlari kearah dap

Sobirin : Berlari Terengah-engah

            Dengan sayap yang terjalin dari bulu burung dan tetesan lilin, ia terbang menembus angkasa. Menerjang angin dan terus mengejar matahari. Kecintaan dan rasa penasarannya terhadap matahari jugalah yang membunuhnya, sehingga ia jatuh dan tenggelam di lelapnya samudra. Begitulah Icarus mencintai matahari. Sobirin menutup buku yang ia baca, lalu ia memandang langit-langit kosannya dengan puluhan ribu pertanyaan. Pertanyaan itu tidak terjawab oleh dirinya sendiri dan ia pun mendengus pada dirinya sendiri.             Ia turun ke lantai bawah, mengubek-ubek nasi dingin di ricecooker, mengaduk-aduk bumbu yang ada. Rasa lapar menggerakan persendian pemalas Sobirin. Sobirin mengiris bawang, cabai, dan terasi dengan malas. Mengoseng-oseng dengan malas, menyajikan dengan malas, makan dengan bersemangat sampai-sampai berkeringat.             Selepas makan, Sobirin mandi. Biasanya Sobirin hanya mencuci muka dan menggosok gigi akan tetapi mengingat ia sudah tidak mandi selama 3 ha