Skip to main content

Cerpen : Nugelo dan sang Mesias

Nugelo dan sang Mesias
Sore itu langit benar benar disepuh warna merah tembaga. Patung Christo redentor – Jesus kristus yang seperti memeluk seluruh hamparan kota Rio de jeneiro dikedua tangan yang membuka di bukit – Heitor da Silva Costa telah berhasil mewujudkan kristus sebagai ikon kota ini. Christo redentor kena tempias warna tembaga.
            Nugelo kembali kerumah dengan menenteng bola sepak kesayangannya. Nugelo selalu bercita cita ingin seperti sang pujaan – sang jurus selamat. Messiah yang merumput di Barcelona. Menyusuri setiap gang sempit diantara rumah rumah berbentuk trasering. Nugelo bersiul sambil menyapa seluruh orang yang ditemuinya, seakan akan Nugelo mengenal semua wajah sudut kota kumuh ini.
            Rambut kriwilnya berguncang ketika Nugelo berlari kedapur. Rasa senangnya bermain bola melupakan rasa lapar yang menggerus lambung. Sayangnya ketika Nugelo hendak menghambur kedapur. Mama Maria sudah berdecak pinggang memegang sodet, matanya melotot penuh amarah.
            “ Dari mana saja kau anak nakal ?! “ Urat mama Maria menyembul dipelipis kanannya.
            Nugelo menekur lantai. Takut.
            “ Pak guru Mortez menelepon mama, kau tak sekolah !! “
            Mama Maria menyeka peluh didahinya. Kesal yang amat sangat.
            “ perdoem – me mama. Aku bermain bola sejak pagi “
            “ Kau membuat mama marah nak, entahlah hukuman apa yang harus diberikan padamu ! “  Suara mama Maria mengendur.
            “ Mama aaa..aku lapar sekali “
            “ Mungkin itu hukumanmu, kau tidak dapat makan malam hari ini, pergilah ke kamarmu Nugelo, dan keluar esok pagi “
            “ Tapi mama “
            Mama Maria melotot lalu kembali kedapur. Mamanias – Ayah Nugelo diam saja menonton acara berita ditelevisi. Christos redentor sudah tidak terlihat diatas bukit sana. Dengan rasa lapar dan lesu Nugelo naik kelantai atas.
            Dikamarnya banyak terlihat poster sang Mesias sedang berselebrasi. Mata Nugelo menatap lesu kearah sang pujaan. Rambut kriwilnya mengurai kusut diranjang. Ia melangkah kearah jendela yang langsung kerah Christo redentor yang terlihat samar disaput gelap dan hanya dibedaki lampu yang kurang terang.
            “ Oh Tuhan, aku dirasa laparku ini tolonglah maafkan dosaku. Berbohong kepada mama, kepada bapak guru, dan kepada-Mu “
            Christo Redentor tak bergeming dari tempatnya berdiri.
            “ Oh kristus aku lapar sekali, dan aku tak bias meminta makan pada siapapun, tidak pada Ujangmises, Icihariana, apalagi si gendut Pepe “
            Mata Nugelo menatap harap pada patung yang berdiri gagah diatas bukit tetapi Christos redentor tetap diam saja.
            “ Kenapa kau diam saja ? apa kau tuli ? “
            Tiba tiba Rosario yang digantung dipaku itu jatuh, lalu sejurusnya satu bintang jatuh melesat diatas langit Rio de jeneiro. Bintang itu seakan akan ingin menghampiri Christos redentor.
            Nugelo beringsut dari ranjangnya lalu memungut Rosario yang tergeletak dilantai, tetapi saat membungkuk Nugelo menemukan sebuah kotak dibawah ranjangnya. Kotak kayu dengan gembok sudah butut. Dengan penasaran Nugelo meraih kotak berukurang sedang itu.
            Nugelo membuka kotak itu dengan perlahan. Debu seperti meletus dari kotak itu, jarring laba laba tersulam disetiap sudutnya. Ada kotak yang lebih kecil lagi. Kotak itu seperti kotak untuk meyimpan cerutu, berwarna kuning emas. Disana tertulis dengan huruf yang timbul lalu dibawahnya ada sebuah kalimat dengan tanda petik.
PEJAMKAN MATAMU
“ SANG BINTANG JATUH TELAH RUNTUH DARI DAHAN LANGIT, MELESAT MEMBAWAMU KETEMPAT YANG KAU INGINKAN “
            Nugelo mencoba memejamkan matanya, lalu membacanya dengan meraba raba kalimatnya dengan jari tangannya. Tiba tiba gulungan cahaya berkelebat, menggumpal, dan mengembang seperti busa. Rambut kriting Nugelo berdiri seperti ditiup angin. Cahay itu semakin berkelebat cepat, membungkus tubuh Nugelo. Lalu sedetik kemudian ia lenyap dari kamarnya.
            Suara ketukan terdengar dari balik pintu
            “ Nugelo, nak keluarlah mama membawa makanmu “
            Kamar itu dikunci.
            “ Mungkin Nugelo sudah tidur, kau menghukumnya terlalu berat sayang “
            Mama Maria kembali kelantai bawah. Christo redentor tetap saja diam seperti ingin memeluk hingar binary lampu dipantai Rio de jeneiro.
            Kumparan cahaya itu melemah dan lamat lamat sirna. Ia disebuah kota kumuh. Pandangannya seperti roll film jaman dulu, berwarna sepia. Tiba tiba sebuah bola mengelinding didepannya. Nugelo meraihnya dan melakukan juggling.
            Seorang anak yang kurus dan terlihat ringkih serta pendek berlari kearahnya. Rambutnya panjang dibelah dua seperti Jesus kristus.
            “ Heyy kau boleh lemparkan bola itu ? ‘
            “ Tentu “
            Nugelo menyepak bola itu kearah anak kurus tersebut.
            Kakinya yang seperti ceker ayam meraih bola itu dengan gesit, lalu menggiringnya kearah lapangan. Angin meniup dan menghamburkan sampah keudara.
            Dari kejauhan terlihat seorang anak lelaki sebaya dengan anak tadi tetapi dengan wajah lebih gempal, merebut bola yang diambil anak kurus itu. Terdengar suara umpatan sebelum anak kurus itu meminggirkan diri disudut lapangan. Menatap dan melihat yang lain bermain. Kedua tangannya memeluk lututnya.
            Nugelo menghampirinya disudut lapang.
            “ Heyy boleh aku duduk disampingmu “
            Angin bertiup kembali. Rambut Nugelo bergerai. Anak itu terdiam saja menunduk, Nugelo putuskan duduk disampingnya.
            “ Apa mereka menyakitimu ?, yang tubuhnya seperti gentong itu ? “
            “ Iya yang berkaos kuning itu “
            Nugelo tidak bisa membedakan warna. Semuanya sepia.
            “ Biar kuhajar dia “ Nugelo mengempalkan tangannya. Urat menyembul dari tubuh cekingnya.
            “ Jangan kau nanti akan dihajar ! “
            “ Ssstt !! Pujaanku – sang mesias tidak pernah takut dan memiliki rasa pecundang kawan. Dia pemain sepak bola yang hebat ! Diamlah biar kusumpal mulut si gentong itu “
            Sigentong itu mirip dengan Pepe kawannya, hanya saja Pepe berkelakuan lebih jinak.
            Bola itu mengelinding dengan tepat kearah Nugelo, diraih bola itu oleh kaki telanjangnya. Tendangan kidalnya siap siap mengambil ancang ancang keudara, sejurus kemudian bola itu melesat kearah si Gentong berkaos kuning itu (menurut anak ceking itu) . Sigentong berdebam ketanah.
            “ Kutantang kau gendut ! bermain bola, aku dan anak itu akan melawanmu dan kroni kronimu. Dua lawan Tujuh ! Kau dihitung dua gendut “ Nugelo menyeringai.
            Sigendut itu bangkit dengan memegang perutnya, lalu mendengus sebal dan melirik kearah anak buahnya. Sigendut mengangguk. Nugelo berlari kearah si anak kurus itu. Nugelo mengulurkan tangannya.
            “ Bangkitlah kawan, kita akan berikan tendangan yang yahut untuk membungkam mulut mereka yang meremehkanmu. Walau kita hanya berdua kita akan sehebat sang Mesias ! “
            Si kurus itu bangkit dengan tatapan mantap.
            Bola dimainkan pertama kali oleh kubu sigendut. Dua kali operan lawan, Nugelo sudah berhasil memiting bola dan menggiringnya ke gawang lawan, si kurus mengejar Nugelo disamping untuk menerima umpan bola. Bola dilambungkan keatas oleh Nugelo kearah si anak kurus. Si kurus dengan sigap menyambut bola lalu menembakan tendangan kidal dan melesat kegawang dengan tendangan pisang yang melengkung ciamik. Tendangan pisang hanya dimiliki oleh 9 pemain bola ngetop salah satunya sang Mesias.
            Nugelo mendecak kagum, si gendut mendengus sebal.
            Skor 0 – 1
            Rupanya sigendut menggunakan taktik licik, ia beberapa kali hendak mencelakai Nugelo. Pertama saat kroninya menekling Nugelo hingga hampir jatuh berdebam, kedua saat si gendut dengan nafas terengah membodi si kurus hingga hampir terpental, saat yang keenam kalinya kroninya sigendut yang paling jangkung melakukan slideing hingga Nugelo jatuh berdebam ketanh yang terbuat dari semen. Pipinya lecet dan tangannya baret. Nugelo bangkit menahan perih dan mengepalkan tangan hendak menghajar anak yang mencelakainya, tetapi Nugelo teringat sang pujaan. Mesias tidak pernah marah saat dicurangi dilapangan.
            Nugelo beraksi kembali, ia piting sigendut yang nafasnya terputus putus, sigendut mengoper pada si jangkung tetapi si anak kurus berhasil merebut bola, bola itu digiring lalu dengan apik ia oper kerah Nugelo dengan tendangan belakang, Nugelo berhasil mendapat umpan lalu kakinya teracung keudara, sepaknya melejitkan bola kearah gawang. Bola itu masih berputas ganas walau sudah menghatam gawang.
            Skor 1 – 5
            Permainan sepak bola itu berakhir dengan kemenangan dank arena sigendut dan kroninya diteriaki ibu mereka. Ibu mereka berteriak.
“ Mario hari sudah malam !! segera pulang atau kau tidak dapat makan malam !! “
Si gendut pulang dengan wajah terlipat dan murung. Dan Nugelo tahu waktu sudah malam.
Tiba tiba satu bintang jatuh melesat dari langit. Ditempat Nugelo muncul pertama kali tiba tiba terpancar seberkas cahaya, cahaya itu perlahan lahan begitu lambat. Nugelo menghamburkan diri kearah cahaya itu. Ia harus segera pulang.
            “ Kawan aku harus pulang “
            Kumparan cahaya itu mulai berputar cepat.
            “ Kenapa ? kau kawan pertamaku dikota ini ? “ terdengar suara sedih.
            “ Tidak aku harus pulang “
            Kumparan cahaya itu bergerak lebih cepat. Nugelo berlari dan masuk kedalam kumparan cahaya itu. Tiba tiba Si kurus itu mencopot kalungnya yang berbentuk salib dan sebuah gading kecil.
            “ Pakialah kawanku “ terdengar isak kecil.
            “ Terima kasih kawan “
            Kumparan cahaya itu semakin berputar menghebat.
            “ Kawan siapakah namamu ? “
            “ Namaku Nugelo kawan, siapa namamu ? “
            Kumparan cahaya itu siap ‘lepas landas’
            “ Namaku Mesi kawan, Mes.. “
            Kumparan cahaya telah lenyap dan membawanya pulang.
            Nugelo tersadar ketika ketukan membangunkan tidurnya. Mama Maria meneriakinya untuk segera mandi dan bergegas kesekolah. Nugelo terbengong atas ingatanya. Terbesit pertanyaan Mimpikah aku ? . Dibuka jendela kamarnya. Christo redentor terlihat sumringah ingin memeluk pantai Rio de jeneiro yang ramai turis dimusim panas ini. Ia melirik sesuatu yang mengantung dilehernya. Sebuah kalung salib dan gading. Nugelo mengucek matanya lalu menyeringai kearah sang poster idola – Sang mesias sedang berselebrasi.

            Aku telah melihat tembakan bolamu yang hebat pujaanku – Ternyata kau anak yang cengeng dan kurus dahulu. Lihatlah kau sekarang orang yang gagah 

Comments

Popular posts from this blog

Sobirin yang jatuh cinta

Dipersembahkan untuk seseorang yang nun jauh disana, dibalik gunung, yang suka tahu bulat dan Kawanku yang bernama M.H. Sobirin Diatas balkon lantai dua. Pukul dua belas malam. Angin dingin yang rasanya merobek kulit, melumatkan daging, dan menggigit tulang. Angin itu merasuk kedalam tubuh yang ringkih – tubuh yang kurang gizi karena kebanyakan makan beras murah, satu tingkat diatas beras berkutu, satu tingkat diatas beras raskin Bulog. Manusia malang itu masih saja memeluk lutut. Lagu Lonely dari Christina perri terdendang dari handphone made in china itu, terkadang terdengar suara distraksi yang kemrosok jika sampai pada nada yang tinggi. Kemejanya berkibar terkena angin malam.             Matanya yang polos itu, yang terlihat botak seperti tak punya alis mata menatap kosong kearah lalu lalang kendaraan di jalan A.H. Nasution. Kelebat lampu kendaraan, suara klakson, dan teriakan sopir, debu-debu semuanya seperti bergerak dalam hening dan lambat. Hati pengamat itu sedan

Cerpen : Gebetan Syariah

Malam ini gue jalan sama gebetan. Gue mau jalan sama Dita, kita beda sekolahan jadi sering kangen kangen gitu karena kita jarang ketemu. Gue udah mandi dan duduk didepan cermin dengan tatapan memuja, sambil bilang “ Kamu ganteng, kamu ganteng “ Dan manyunin bibir biar keliatan imut. Nyokap buka pintu dan liat gue merancau sendiri ngomong “kamu ganteng “, bibir monyong didepan cermin, dimana keadaan gue cuman pake handuk doang karena abis mandi. Gue membeku, nyokap menatap gue dengan tatapan nanar lalu menaruh deodorant roll di meja gue lalu pergi tanpa suara.             Gue ambil deodorant itu dan gue olesin diketiak gue, kaos warna item gue pilih buat menyamarkan gelambir yang udah berundak undak, gue pake celana jeans belel. Pas nyisir rambut entah kenapa ketek gue terasa terbakar. Pedes. Gue meringis lalu berteriak kalap keluar kamar. Gue buka baju didepan bokap yang lagi nonton tivi dan gue pajang ketek gue didepan kipas angin yang menyala. Masih pedes, gue berlari kearah dap